Tahapan Segmentasi Pasar – Apa yang dimaksud dengan segmentasi pasar? Apa itu segmentasi pasar dan contoh? Apa tujuan perusahaan yang harus membagi keseluruhan pasar? Apa itu segmentasi pasar dan contohnya? Sebutkan 6 langkah dalam proses segmentasi pasar? Apa itu segmentasi demografis? Apa itu segmentasi psikologis?
Baca Juga : Riset Pasar
Agar lebih memahaminya, kali ini kita akan membahas tentang pengertian segmentasi pasar menurut para ahli, syarat, dasar, tujuan, manfaat, tingkatan, strategi dan proses segmentasi pasar secara lengkap.
Pengertian Segmentasi Pasar
Segmentasi pasar (market segmentation) merupakan aktivitas membagi pasar kedalam beberapa kelompok pembeli dengan karakteristik, kebutuhan juga perilaku berbeda yang kemungkinan memiliki kebutuhan produk dan bauran pemasaran berbeda.
Segmentasi pasar adalah proses identifikasi dan analisis pembeli di pasar produk, serta menganalisis perbedaan antara pembeli di pasar.
Pengertian Segmentasi Pasar Menurut Para Ahli
Kotler
Segmentasi pasar adalah sekelompok pelanggan yang merupakan bagian dari pasar yang memiliki kebutuhan dan keinginan yang serupa.
Kasali
Segmentasi pasar merupakan proses mengkotakkan pasar menjadi kelompok “potential costumer” yang memiliki kesamaan karakter atau kebutuhan yang sama sehingga cenderung memiliki respon yang sama dalam membelanjakan uangnya.
Syarat Segmentasi Pasar
Berikut ini syarat segmentasi pasar
Dapat Diukur (Measurable)
Artinya segmen pasar yang dituju bisa diukur baik jumlah, ciri dan sifatnya.
Dapat Dicapai (Accessible)
Artinya segmen pasar bisa diakses sehingga perusahaan lebih mudah mengarahkan pemasarannya.
Cukup Besar (Substantial)
Artinya segmentsi pasar yang dituju harus besar.
Dapat Dibedakan (Differentiable)
Artinya segmentasi pasar jelas bisa dibedakan dengan segmen lainnya.
Dapat Dilaksanakan (Actionable)
Artinya program pemasaran dan pelayanan perusahaan bisa dilaksanakan pada segmen pasar yang dituju.
Profitable
Artinya segmentasi pasar ini dapat memberikan keuntungan.
Baca Juga : Pangsa Pasar (Market Share)
Dasar Segementasi Pasar
Ada dua dasar segmentasi pasar, diantaranya:
Dasar Segmentasi Pasar Konsumen
Dasar segmentasi pasar terdiri dari:
Variabel Geografis
Variabel segmen geografis terdiri dari lingkungan sekitar, wilayah, ukuran daerah, ukuran kota dan kepadatan, serta iklim.
Variabel Demografis
Variabel segmen demografi meliputi umur, keluarga, jenis kelamin, pekerjaan, penghasilan, agama, kelas sosial, ras, siklus hidup, pendapatan, pendidikan dan lain sebagainya.
Variabel Psikologis
Variabel segmentasi psikologi mencakup kepribadian, gaya hidup, dan kelas sosial. Variabel ini diantaranya manfaat yang dicari, tingkat pemakaian, status pemakaian, status kesetiaan dan sikap terhadap produk.
Dasar Segmentasi Pasar Industri
Dasar segmentasi pasar industri, diantaranya yaitu:
Tahap 1
Tahap ini berupa penetapan segmentasi makro, seperti lokasi geografis, pasar pemakaian akhir dan jumlah langganan.
Tahap 2
Tahap ini terdirisikap terhadap penjual, ciri kepribadian, kualitas produk, dan pelanggan.
Tujuan Segmentasi Pasar
Tujuan dilakukan segmentasi pasar, diantaranya yaitu:
- Pasar lebih mudah dibedakan.
- Pemberian pelayan yang lebih baik pada karyawan.
- Strategi pemasaran lebih terarah.
Baca Juga : Perencanaan Pemasaran
Manfaat Segmentasi Pasar
Manfaat segmentasi pasar yaitu:
- Produsen berada dalam posisi yang lebih baik untuk memilih kesempatan pemasaran.
- Produsen bisa mengetahui berbagai respon pemasaran, sehingga mampu mengalokasikan anggaran secara lebih tepat pada berbagai segmen.
- Produsen dapat mengatur produk lebih baik dan daya tarik pemasarannya.
Tingkatan Segmentasi Pasar
Tingkatan segmentasi pasar, antara lain:
Pemasaran Massal
Pengertian pemasaran massal adalah tingkat segmentasi pasar yang berfokus pada produksi, distribusi dan promosi massal untuk produk yang sama dalam cara yang mirip ke seluruh konsumen.
Pemasaran Segmen
Pengertian pemasaran segmen adalah jenis segmentasi pasar yang menyadari bahwa pembeli berbeda dalam kebutuhan, persepsi, dan perilaku pembelian.
Pemasaran Ceruk
Pengertian pemasaran ceruk/relung (marketing niche) adalah tingkat segmentasi pasar yang berfokus pada sub-group dalam segmen.
Pemasaran Mikro
Perngertian pemasaran mikro adalah jenis segmentasi yang menyesuaikan produk dan program pemasaran agar tepat dengan citarasa individu atau lokasi tertentu. Contoh pemasaran mikro diantara pemasaran lokal dan pemasaran individu.
Jenis Segmentasi Pasar
Berikut ini macam macam jenis segmentasi pasar dalam bisnis, diantarnya yaitu:
Segmentasi Perilaku
Pengertian segmentasi perilaku adalah pengelompokkan konsumen yang ditinjau lewat perilaku terhadap produk yang ditawarkan, termasuk pengetahuan, loyalitas, idealisme juga respon konsumen.
Sebagai contoh apabila menjual perlengkapan balita, silakan tawarkan di media sosial dibanding onlineshop karena respon konsumen lebih cepat dan ada loyalitas pembeli disana.
Segmentasi Psikografis
Pengertian segmentasi psikografis adalah pengelompokkan konsumen berdasarkan kesukaan dan ketertarikan customer pada produk tertentu atau bisa diarahkan pada customer yang menggeluti sebuah profesi dan hobi yang khusus. Contoh segmentasi psikografis yaitu memasarkan buku pada kelompok pecinta baca, menjual alat pancing pada penghobi memancing.
Baca Juga : Rencana Pemasaran
Segmentasi Demografis
Pengertian segmentasi demografis adalah pengelompokkan konsumen berdasarkan keumuman seperti usia, gender, pendidikan, pendapatan dan lainnya. Segmentasi ini memerlukan kejelian sebab faktor keumuman konsumen lebih luas dan dibutuhkan kecermatan analisis untuk menentukan kelompok pasar dengan tepat.
Segmentasi Geografis
Pengertian segmentasi geografis adalah pengelompokkan konsumen berdasarkan tempat tinggal konsumen berkaitan dengan kedaerahan seperti desa, kota, provinsi dan kepulauan.
Strategi Segmentasi Pasar
Strategi pemasaran ini dilakukan dengan cara mengelompokkan pasar menjadi segmen tertentu untuk dijadikan sebagai target pemasaran.
Tujuan dilakukan segmentasi bagi perusahaan adalah mengelompokkan individu yang mempunyai keinginan, kebutuhan dan respon yang sama terhadap produk atau layanan yang ditawarkan. Dengan adanya segementasi pasar maka perusahaan dapat merangsang pelanggan potensial menjadi konsumen loyal produk yang ditawarkan. Dengan mengetahui pelanggan loyal dan spesifik secara pasti, perusahaan akan mampu mengoptimalkan kegiatan pemasaran dan pelayanan.
Prosedur Segmentasi Pasar
Berikut ini beberapa prosedur segmentasi pasar, diantaranya yaitu:
Tahap Survei
Untuk melakukan segmentasi pasar, perusahaan akan menentukan bentuk survei baik dengan cara wawancara, tebar angket juga meminta saran dan minat masyarakat.
Tujuan penerapan prosedur segmetasi berupa survei ini adalah agar perusahaan mempunyai data awal yang berkaitan dengan masyarakat yang ada di pasar tertentu termasuk juga informasi terkait motivasi dan sikap masyarakat terhadap suatu produk. Apabila data awal telah diperoleh, maka langkah aplikasi segmentasi pasar dapat diteruskan dengan menerapkan prosedur kedua yakni menganalisis Informasi.
Tahap Analisis
Apabila perusahaan telah mempunyai data awal berkaitan dengan konsumen, maka selanjutnya lakukan analisis informasi, seperti mencari tahu alasan timbulnya sikap dan motivasi konsumen. Hasil analisis ini nantinya akan dijadikan sebagai langkah awal pengelompokkan sesuai dengan persamaan sikap, motivasi dan penyebabnya.
Baca Juga : Manajemen Pemasaran
Tahap Identifikasi
Setelah melakukan analisis, perusahaan akan melakukan identifikasi pada sejumlah kelompok konsumen. Data survei diawal ditambah data hasil analisis konsumen dijadikan sebagai tolak ukurnya.
Dari proses identifikasi akan muncul nama-nama kelompok konsumen yang akan dijadikan sasaran penjualan. Nah, jika semuanya sudah lengkap baru produk dipasarkan kepada mereka sesuai dengan informasi yang sudah didapatkan.
Demikian artikel pembahasan tentang pengertian segmentasi pasar menurut para ahli, syarat, dasar, tujuan, manfaat, tingkatan, strategi dan proses segmentasi pasar secara lengkap. Semoga bermanfaat