Pengertian Manajemen Kepegawaian Menurut Para Ahli, Tujuan, Manfaat dan Fungsi Manajemen Kepegawaian Terlengkap – Manajemen Kepegawaian (Personel Management) adalah proses pengolahan pegawai mulai dari perekrutan atau rekruitmen hingga PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) agar pegawai memberikan kontribusi besar pada lembaga dalam mencapai tujuan individu, lembaga dan masyarakat. Sedangkan Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian adalah sebuah sistem informasi manajemen yang berfungsi mengelola data, manajemen dan administrasi kepegawaian dari suatu instansi, perguruan tinggi maupun perusahaaan.
Pengertian Manajemen Kepegawaian Menurut Para Ahli
Drs F.X Soedjadi,M.P.A
Menurutnya, Manajemen Kepegawaian adalah proses kegiatan yang harus dilakukan setiap pimpinan agar dapat tercapainya tujuan organisasi seimbang dengan sifat, hakikat dan fungsi organisasi dan juga sifat serta hakikat para anggotanya.
Drs. M Manulang
Menurutnya, Manajemen Kepegawaian adalah suatu seni dan juga ilmu perencanaan, pelaksanaan, serta pengontrolan tenaga kerja untuk dapat mencapai tujuan yang telah ditentukan terlebih dahulu dengan cara memberi kepuasan pada diri pekerja. Atau dengan kata lain, manajemen kepegawaian adalah suatu ilmu yang mempelajari mengenai cara bagaimana memberikan fasilitas untuk dapat mengembangkan kemampuan dan juga rasa partisipasi pekerja dalam suatu kesatuan aktifitas demi tercapainya suatu tujuan tertentu.
Tujuan Manajemen Kepegawaian
Tujuan manajemen kepegawaian yaitu untuk mencapai tujuan lembaga atau badan usaha yang sudah ditentukan sebelumnya. Tujuan tersebut dapat berupa hasil, produk maupun produksi. Oleh sebab itu, tujuan ini disebut juga dengan tujuan yang berorientasi pada hasil atau production oriented.
Kegiatan dalam manajemen kepegawaian, diantaranya:
- Pengadaan sumbar daya manusia, rekruitmen dan seleksi, orientasi dan penempatan pegawai.
- Pengembangan sumber daya manusia, kesejahteraan pegawai, konseling, pelatihan dan pendidikan, mutasi, rotasi, promosi, pemindahan, pelibatan dalam kegiatan dan lain sebagainya
- Pemanfaatan pegawai, motivasi, pemberhentian dan pemensiunan.
Tujuan penerapan sistem informasi manajemen kepegawaian yaitu mewujudkan suatu sistem informasi manajemen yang berintegrasi dalam jaringan komputer yang mampu menghasilkan informasi bermutu guna menunjang pengambilan keputusan manajemen kepegawaian di lingkungan instansi/perusahaan.
Manfaat Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian
Manfaat adanya sistem informasi manajemen kepegawaian ini diataranya yaitu:
- Mendapatkan informasi pegawai yang cepat dan akurat
- Mempermudah pembuatan laporan
- Mengetahui pegawai yang akan naik pangkat dan yang akan mendapat kenaikan gaji berkala
- Memudahkan pekerjaan yang berhubungan dengan kepegawaian seperti angka kredit pegawai
- Mempermudah pemantauan pembagian cuti
- Mempermudah pengelolaan beban kerja pada pegawai
- Mempermudah presensi dan pemberian gaji pegawai
- Mempermudah prekrutan pegawai
- Dapat merencanakan penyebaran pegawai sesuai pendidikan dan kompetensinya
- Dapat merencanakan kebutuhan pegawai
Fungsi Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian
Fungsi sistem informasi manajemen kepegawaian, diantaranya yaitu:
- Meningkatkan aksesibilitas data yang tersaji dengan tepat waktu dan akurat
- Menyediakan informasi pegawai yang akurat untuk keperluan perencanaan, pengembangan, kesejahteraan dan pengendalian pegawai
- Menghasilkan data kepegawaian yang mutakhir dan terintegrasi.
- Menjamin kualitas dan keterampilan sumber daya manusia
- Membantu kelancaran pekerjaan dalam bidang kepegawaian, terutama dalam pembuatan laporan
- Mengembangkan proses perencanaan yang efektif
- Memperbaiki produktivitas sumber daya manusia dalam perusahaan
Demikian artikel tentang”Pengertian, Tujuan, Manfaat dan Fungsi Manajemen Kepegawaian Terlengkap“, semoga bermanfaat.
Originally posted 2023-04-23 12:44:50.