Pengertian, Sejarah, Tujuan dan Ruang Lingkup Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) atau Software Engineering Lengkap – Software Engineering atau Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) adalah satu bidang profesi yang mendalami cara pengembangan perangkat lunak termasuk pembuatan, pemeliharaan, manajemen organisasi pengembanganan perangkat lunak dan manajemen kualitas.
Menurut IEEE Computer Society, rekayasa perangkat lunak adalah penerapan suatu pendekatan yang sistematis, disiplin dan terkuantifikasi atas pengembangan, penggunaan dan pemeliharaan perangkat lunak, serta studi atas pendekatan ini, yaitu penerapan pendekatan engineering atas perangkat lunak.
Rekayasa perangkat lunak adalah pengubahan perangkat lunak guna mengembangkan, memelihara, dan membangun kembali dengan menggunakan prinsip reakayasa untuk menghasilkan perangkat lunak yang dapat bekerja lebih efisien dan efektif untuk pengguna dengan kriteria yang dapat digunakan sebagai acuan dalam merekayasa perangkat lunak, diantaranya yaitu: dapat terus dirawat dan dipelihara(maintainability); dapat mengikuti perkembangan teknologi (dependability); dapat mengikuti keinginan pengguna(robust); efektif dan efisien dalam menggunakan energi dan penggunaannya; dan dapat memenuhi kebutuhan yang diinginkan(usability)
Sejarah Rekayasa Perangkat Lunak
Istilah software engineering, pertama kali digunakan pada akhir tahun 1950-an dan sekitar awal 1960-an. Pada tahun 1968, NATO menyelenggarakan konferensi tentang software engineering di Jerman dan kemudian dilanjutkan pada tahun 1969. Meski penggunaan kata software engineering masukan konferensi tersebut menimbulkan debat tajam tentang aspek engineering dari pengembangan perangkat lunak, banyak pihak yang menganggap konferensi tersebutlah yang menjadi awal tumbuhnya profesi rekayasa perangkat lunak.
Rekayasa Perangkat Lunak Di indonesia dijadikan disiplin ilmu yang dipelajari mulai tingkat Sekolah Menengah Kejuruan sampai tingkatan Perguruan Tinggi. Di tingkat SMK, jurusan ini sudah memiliki kurikulum materi pelajaran sendiri yang sudah ditentukan oleh Dinas Pendidikan. Rekayasa Perangkat Lunak Di tingkat SMK biasanya mempelajari materi materi seperti Bahasa Pemrograman, Desain Web, Pengetahuan tetang Undang Undang HAKI dan ITE, dan sebagainya, tergantung dari sekolah dan kurikulum tiap tahunnya.
Tujuan Rekayasa Perangkat Lunak
Secara umum tujuan Rekayasa Perangkat Lunak yaitu berusaha menghasilkan output yang kinerjanya tinggi waktu penyelesaian yang tepat dan Berbiaya rendah. Secara lebih khusus kita dapat menyatakan tujuan RPL adalah sebagai berikut:
- Menghasilkan perangkat lunak yang kinerjanya tinggi, andal serta tepat waktu.
- Memperoleh biaya produksi perangkat lunak yang rendah.
- Menghasilkan perangkat lunak yang biaya perawatan rendah.
- Menghasilkan perangkat lunak yang bisa bekerja di berbagai jenis platform.
Ruang Lingkup Rekayasa Perangkat Lunak
Adapun ruang lingkup rekayasa perangkartt lunak diantaranya yaitu:
Software Requirements
ini berkaitan dengan spesifikasi kebutuhan dan persyaratan perangkat lunak.
Software Design
ini meliputi proses penampilan arsitektur, komponen, antar muka dan karakteristik lain dari perangkat lunak
Software Construction
ini berkaitan dengan detail pengembangan perangkat lunak, termasuk algoritma, pengkodean, pencarian kesalahan dan pengujian.
Software Testing
ini meliputi pengujian pada kinerja perangkat lunak secara keseluruhan
Software Maintenance
Ini meliputi upaya perawatan saat perangkat lunak telah dioperasikan.
Software Configuration Management
Ini berkaitan dengan usaha perubahan konfigurasi perangkat lunak untuk memenuhi kebutuhan tertentu.
Software Engineering Management
Ini berkaitan dengan pengelolaan dan pengukuran RPL, termasuk perencanaan proyek perangkat lunak.
Software Engineering Tools and Methods
Ini mencakup kajian teoritis mengenai alat bantu dan metode RPL.
Software Quality
Ini menitikberatkan pada kualitas dan daur hidup perangkat lunak.
Software Engineering Process
Ini berkaitan dengan implementasi, definisi, pengukuran, pengelolaan, perubahan dan perbaikan proses Rekayasa Perangkat Lunak.
Demikian penjelasan tentang Pengertian, Sejarah, Tujuan dan Ruang Lingkup Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) atau Software Engineering Lengkap , semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada postingan selanjutnya.