Pengertian dan Langkah-Langkah Metode Pembelajaran Learning Start With a Question (LSQ) Lengkap – Metode pembelajaran Learning Start With a Question (LSQ) merupakan strategi atau metode pembelajaran aktif dengan cara merangsang keinginan siswa untuk bertanya lalu guru menjelaskan apa yang ditanyakan siswa tersebut.
Metode pembelajaran ini berkaitan dengan kemampuan bertanya dan menjawab. Bertanya bisa dipandang sebagai refleksi dari keingintahuan individu, sedangkan menjawab pertanyaan mencerminkan kemampuan seseorang dalam berpikir. Agar aktif bertanya, siswa diminta untuk mempelajari materi yang akan diajarkan dengan membaca terlebih dahulu. Dengan membaca, siswa memiliki gambaran mengenai materi yang akan dipelajari, sehingga jika dalam membaca atau membahas materi tersebut terjadi kesalahpahaman akan terlihat dan bisa dibahas serta dibenarkan secara bersama-sama.
Pengertian Metode Learning Start With a Question (LSQ) Menurut Para Ahli
Silberman (2009:144)
Menurut Silberman, pengertian metode learning start with a question adalah suatu metode pembelajaran yang merangsang siswa untuk bertanya tentang mata pelajaran mereka.
Suprijono (2010:112)
Menurut Suprijono, pengertian metode learning start with a question adalah suatu metode pembelajaran aktif dalam bertanya.
Hamruni (2009:276)
Menurut Hamruni, pengertian metode learning starts with a question adalah suatu metode pembelajaran dimana proses belajar sesuatu yang baru akan lebih efektif jika siswa aktif dalam bertanya sebelum mereka mendapatkan penjelasan tentang materi yang akan dipelajari dari guru sebagai pengajar.
Djamarah (2010:399)
Menurut Djamarah, pengertian metode learning starts with a question adalah metode pembelajaran aktif dalam bertanya. Satu cara menciptakan pola belajar aktif ini adalah merangsang siswa untuk bertanya tenang mata pelajaran tanpa penjelasan dari guru terlebih dahulu.
Tujuan dan Manfaat Learning Starts With a Question
Adapun tujuan strategi pembelajaran Learning Start with a Question (LSQ), dianataranya yaitu:
- Agar siswa aktif dalam bertanya.
- Agar siswa mandiri dalam belajar.
- Melatih siswa untuk belajar mengemukakan pendapat, ide dan gagasan.
- Melatih siswa untuk berfikir kritis.
Manfaat strategi pembelajaran Learning Start with a Question (LSQ), diantaranya yaitu:
- Siswa memiliki pengetahuan awal mengenai materi yang akan diajarkan.
- Siswa tidak hanya menjadi pendengar saat proses belajar mengajar.
- Jika terjadi kesalahan dalam penjelasan bisa terdeteksi karena siswa sudah memiliki pengetahuan dasar mengenai materi yang diajarkan.
- Siswa terlibat langsung dalam proses belajar mengajar.
Langkah-Langkah Learning Start with a Question
Menurut Zaini dkk (2008:44), langkah-langkah strategi pembelajaran Learning Start with a Question (LSQ) yaitu:
- Pilih bahan bacaan yang sesuai lalu bagikan kepada peserta didik. Bahan bacaan tidak harus difotokopi lalu dibagi kepada peserta didik, namun bisa dilakukan dengan memilih satu topik atau bab tertentu dari buku teks. Usahakan bacaan tersebut memuat informasi umum atau yang tidak detail sehingga memberi memberi peluang untuk ditafsirkan dengan berbeda-beda.
- Minta peserta didik untuk mempelajari bacaan sendirian atau bersama teman sebangkunya.
- Minta peserta didik untuk memberi tanda pada bagian bacaan yang tidak dipahami. Anjurkan mereka untuk memberi tanda sebanyak mungkin. Jika waktu memungkinkan, gabungkan pasangan belajar dengan pasangan yang lain, lalu minta mereka untuk membahas poin-poin yang tidak diketahui yang telah diberi tanda.
- Dalam pasangan atau kelompok kecil, minta peserta didik untuk menuliskan pertanyaan mengenai materi yang telah mereka pelajari melalui membaca.
- Kumpulkan pertanyaan-pertanyaan yang telah ditulis oleh peserta didik.
- Sampaikan pelajaran dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut.
- Usahakan dalam menjawab pertanyaan dilakukan secara urut sesuai dengan bahan pelajaran agar peserta didik juga urut dalam memahaminya.
Kelebihan dan Kekurangan Learning Starts with a Question
Menurut Suprijono (2010:115), kelebihan metode pembelajaran learning starts with a question diantaranya yaitu:
- Penyampaian pesan pembelajaran bisa lebih terstandar.
- Pembelajaran bisa lebih menarik.
- Pembelajaran menjadi lebih interaktif dengan menerapkan teori belajar.
- Waktu pelaksanaan pembelajaran bisa diperpendek.
- Kualitas pembelajaran bisa ditingkatkan.
- Proses pembelajaran bisa berlangsung kapanpun dan dimanapun dibutuhkan.
- Sikap positif siswa terhadap materi pembelajaran serta proses pembelajaran bisa ditingkatkan.
- Peran guru berubah ke arah yang positif.
Menurut Hamruni (2009:280), kekurangan metode pembelajaran learning starts with a question, diantaranya yaitu:
- Membutuhkan waktu yang lama jika banyak pertanyaan dari siswa.
- Apabila guru memberikan kesempatan kepada siswa lain untuk menjawab, pertanyaan atau jawaban bisa tak sesuai jika siswa tersebut tidak belajar atau tidak menguasai materi.
- Apatis bagi siswa yang tidak terbiasa berbicara dalam forum atau siswa yang pasif.
- Mensyaratkan siswa memiliki latar belakang yang cukup mengenai topik atau masalah yang diskusikan.
Demikian artikel tentang “Pengertian dan Langkah-Langkah Metode Pembelajaran Learning Start With a Question (LSQ) Lengkap“, semoga bermanfaat.