19 Pengertian Manajemen Pendidikan Menurut Para Ahli Terlengkap – Manajemen Pendidikan adalah suatu cabang ilmu yang digunakan sebagai upaya untuk melakukan pengolaan secara terstruktur terkait dengan bidang pendidikan. Manajemen pendidikan mungkin masih belum familiar di telinga anda karena istilah lama yang sering digunakan yaitu administrasi.
Selain pengertian diatas, ada beberapa pengertian manajemen menurut para ahli, berikut selengkapnya:
Pengertian Manajemen Pendidikan Menurut Para Ahli
Oemar Hamalik (2007)
Menurut Oemar Hamalik, Manajemen Pendidikan adalah menyatukan beberapa unsur dalam pendidikan dan kemudian mencoba untuk dikembangkan dan fokus untuk mencapai pada tujuan dari manajemen pendidikan itu sendiri.
Syarif (1976:7)
Menurut Syarif, Manajemen Pendidikan adalah segala usaha bersama untuk mendayagunakan sumber-sumber “personil maupun materiil” secara efektif dan efisien untuk menunjang tercapainya pendidikan.
Sutisna (1979:2-3)
Menurut Sutisna, Manajemen Pendidikan adalah keseluruhan “proses” yang membuat sumber-sumber personil dan meteriil sesuai yang tersedia dan efektif bagi tercapainya tujuan-tujuan bersama. Ia mengerjakan fungsi-fungsi dengan jalan mempengaruhi perbuatan orang-orang.
Proses ini meliputi perencanaan, organisasi, koordinasi, pengawasan, penyelenggaraan dan pelayanan dari segala sesuatu mengenai urusan sekolah yang langsung berhubungan dengan pendidikan sekolah seperti kurikulum, guru, murid, metode-metode, alat-alat pelajaran, bimbingan dan juga soal-soal tentang tanah dan bangunan sekolah, perlengkapan, pembekalan dan pembiayaan yang diperlukan penyelenggaraan pendidikan termasuk di dalamnya.
Made Pidarta (1988:4)
Menurut Made Pidarta, Manajemen Pendidikan adalah aktivitas memadukan sumber-sumber pendidikan agar terpusat dalam usaha mencapai tujuan pendidikan yang telah ditentukan sebelumnya.
Biro Perencanaan Depdikbud (1993:4)
Menurut Biro Perencanaan Depdikbud, Manajemen Pendidikan adalah proses perencanaan, pengorganisasian, memimpin, mengendalikan tenaga pendidikan, sumber daya pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan, mencerdaskan kehidupan bangsa, mengembangkan manusia seutuhnya, yaitu manusia yang beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti yang luhur, memiliki pengetahuan, keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap, mandiri, serta bertanggung jawab kemasyarakat dan kebangsaan.
Djam’an Satori (1980:4)
Menurut Djam’an Satori, Manajemen Pendidikan adalah keseluruhan proses kerjasama dengan memanfaatkan semua sumber personil dan materil yang tersedia dan sesuai untuk mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan secara efektif dan efisien.
Engkoswara (2001:2)
Menurut Engkoswara, Manajemen Pendidikan adalah suatu ilmu yang mempelajari bagaimana menata sumber daya untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan secara produktif dan bagaimana menciptakan suasana yang baik bagi manusia yang turut serta di dalam mencapai tujuan yang disepakat bersama.
Soebagio Atmodiwirio (2003:23)
Menurut Soebagio Atmodiwirio, Manajemen Pendidikan adalah proses perencanaan, pengorganisasian, memimpin, mengendalikan tenaga pendidikan, sumber daya pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan.
W.Haris
Menurut W.Haris, Manajemen pendidikan adalah suatu proses pengintegrasian segala usaha pendayagunaan sumber-sumber personalia dan material sebagai usaha untuk meningkatkan secara efektif pengembangan kualitas manusia.
Hadari Nawawi (1981:11)
Menurut Hadari Nawawi, Manajemen Pendidikan adalah rangkaian kegiatan atau keseluruhan proses pengendalian usaha kerjasama sekelompok orang untuk mencapai tujuan pendidikan, secara berencana dan sistematis yang diselenggarakan di lingkungan tertentu, terutama lembaga pendidikan formal.
Stephen J. Kneziech
Menurut Stephen J. Kneziech, Manajemen Pendidikan adalah sekumpulan fungsi-fungsi organisasi yang memiliki tujuan utama untuk menjamin efisiensi dan efektivitas pelayanan pendidikan, sebagaimana pelaksanaan kebijakan melalui perencanaan, pengambilan keputusan, perilaku kepemimpinan, penyiapan alokasi sumber daya, stimulasi dan koordinasi personil dan iklim organisasi yang kondusif, serta menentukan perubahan esensial fasilitas untuk memenuhi kebutuhan peserta didik dan masyarakat di masa depan.
Purwanto Dan Djojopranoto (1981:14)
Menurut Purwanto Dan Djojopranoto, Manajemen Pendidikan adalah suatu usaha bersama yang dilakukan untuk medayagunakan semua sumber daya baik manusia, uang, bahan dan peralatan serta metode untuk mencapai tujuan pendidikan secara efektif dan efisien.
Dasuqi Dan Somantri (1992:10)
Menurut Dasuqi Dan Somantri, Manajemen Pendidikan adalah upaya menerapkan kaidah-kaidah manajemen dalam bidang pendidikan.
Daryanto (1998:8)
Menurut Daryanto, Manajemen Pendidikan adalah suatu cara bekerja dengan orang-orang dalam rangka usaha mencapai tujuan pendidikan yang efektif.
Gaffar
Menurut Gaffar, Manajemen Pendidikan adalah suatu proses kerja sama yang sistematis, sistemik, dan komprehensif dalam rangka mewujudkan tujuan pendidikan nasional.
Sagala (2005:27)
Menurut Sagala, Manajemen Pendidikan adalah penerapan ilmu manajemen dalam dunia pendidikan atau sebagai penerapan manajemen dalam pembinaan, pengembangan dan pengendalian usah dan praktek-praktek pendidikan. Manajemen pendidikan ialah aplikasi prinsip, konsep dan teori manajemen dalam aktivitas pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan secara efektif dan efisien.
H.A.R. Tilaar (2001:4)
Menurut H.A.R. Tilaar, Manajemen Pendidikan adalah suatu kegiatan yang megimplementasikan perencanaan atau rencana pendidikan.
Mulyasa (2002:19)
Menurut Mulyasa, Manajemen Pendidikan adalah segala sesuatu yang berkenaan dengan pengolalaan proses pendidikan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan, baik tujuan jangka pendek, menengah, maupun tujuan jangka panjang.
Mulyani A. Nurhadi (1983, pp 2-5)
Mulyani A. Nurhadi menekankan adanya ciri-ciri atau pengertian manajemen pendidikan yang terkandung dalam definisi tersebut sebagai berikut:
- Manajemen adalah kegiatan atau rangkaian kegiatan yang dilakukan dari, oleh dan bagi manusia.
- Rangkaian kegiatan itu merupakan suatu proses pengelolaan dari suatu rangkaian kegiatan pendidikan yang sifatnya kompleks dan unik yang berbeda dengan tujuan perusahaan untuk memperoleh keuntungan yang sebesar-besarnya, tujuan kegiatan pendidikan ini tidak terlepas dari tujuan pendidikan secara umum dan tujuan pendidikan yang telah ditetapkan oleh suatu bangsa.
- Proses pengelolaan itu dilakukan bersama oleh sekelompok manusia yang tergabung dalam suatu organisasi sehingga kegiatannya harus dijaga agar tercipta kondisi kerja yang harmonis tanpa mengorbankan unsur-unsur manusia yang terlibat dalam kegiatan pendidikan itu.
- Proses itu dilakukan dalam rangka mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya, yang dalam hal ini meliputi tujuan yang bersifat umum “skala tujuan umum” dan yang diemban oleh tiap-tiap organisasi pendidikan “skala tujuan khusus”.
- Proses pengelolaan itu dilakukan agar tujuannya dapat dicapai secara efektif dan efisien.
Demikian artikel tentang”19 Pengertian Manajemen Pendidikan Menurut Para Ahli Terlengkap“, semoga bermanfaat.