Pengertian Riset Pemasaran : Tujuan, Fungsi, Jenis, Metode dan Proses Riset Pemasaran

Posted on

Proses Riset Pemasaran – Apa yang dimaksud dengan riset pemasaran? Apa itu riset pemasaran? Apa tujuan riset pemasaran? Apa fungsi dari riset pemasaran? Sebutkan jenis riset pemasaran!

Agar lebih memahaminya, kali ini kita akan membahas tentang pengertian riset pemasaran menurut para ahli, tujuan, fungsi, manfaat, jenis, metode dan tahapan proses riset pemasaran secara lengkap.

Baca Juga : Strategi Pemasaran

Pengertian Riset Pemasaran

Riset Pemasaran (market research/research marketing) adalah penelitian sistematis dimulai dari perumusan masalah, tujuan penelitian, pengumpulan informasi dan data, pengelolaan data dan interpretasi hasil penelitian.

Pengertian Riset Pemasaran Menurut Para Ahli

American Marketing Association

Riset Pemasaran adalah fungsi yang menjadi penghubung konsumen, pelanggan dan publik dengan pemasar melalui informasi digunakan untuk mengidentifikasi dan mendefinisi peluang dan masalah pemasaran;menghasilkan, menyempurnakan dan mengevaluasi upaya pemasaran; memantau kinerja pemasaran; memperbaiki pengertian pemasaran sebagai suatu proses.

Robby Susatyo

Riset Pemasaran merupakan suatu pengidentifikasian yang lebih objektif dan tersistematis, yang akan dilanjutkan dengan pengumpulan. analisis, dan perangkaian beberapa informasi yang bertujuan agar dapat memperbaiki dalam pengambilan keputusan yang masih berkaitan dengan solusi permasalahan dan penentuan berbagai peluang dalam proses pemasaran.

Philip Kotler

Riset Pemasaran adalah suatu perancangan, pengumpulan, analisis, dan pelaporan yang sudah tersistematis dari data atau berbagai penemuan yang relevan dengan adanya situasi pemasaran tertentu yang telah dihadapi oleh perusahaan.

Tujuan Riset Pemasaran

Tujuan riset pemasaran dilakukan adalah untuk mengetahui dan menganalisa hal yang dibutuhkan pasar juga untuk mengetahui pesaing bisnis.

Baca Juga : Motif Ekonomi

Dengan dilakukan riset pemasaran maka dapat diketahui produk atau jasa yang ditawarkan, dimana produk atau jasa tersebut diperlukan dan kualitas produk seperti apa yang konsumen butuhkan. Selain itu, untuk mengetahui seberapa besar pemintaan dan potensi permintaan, kapan permintaan memuncak dan kapan permintaan menurun.

Riset pemasaran dapat menjamin perusahaan merencanakan strategi bisnis dengan mudah agar dapat menghasilkan keuntungan yang optimal.

Fungsi Riset Pemasaran

Fungsi, manfaat atau peran riset pemasaran, antara lain:

  • Fungsi deskriptif adalah fungsi pengumpulan dan penyajian pernyataan tentang fakta
  • Fungsi diagnostik adalah fungsi sebagai penjelasan mengenai data atau tindakan
  • Fungsi prediktif adalah fungsi spesifikasi mengenai bagaimana memakai riset deskriptif dan diagnostik untuk memperkirakan hasil keputusan pemasaran yang direncanakan.

Jenis Riset Pemasaran

Jenis-jenis riset pemasaran, antara lain:

Riset Primer

Pengertian riset primer adalah riset yang dilakukan dengan cara mengumpulkan informasi atau data yang berasal dari hasil penjualan terkini dan efektif yang sedang dijalankan saat ini.

Riset Sekunder

Pengertian riset sekunder adalah riset yang berfungsi menganalisis data yang telah diterbitkan. Dengan begitu, maka pesaing dapat ditemukan dan dapat membangun tolak ukur lalu mengidentifikasi sasaran.

Metode Riset Pemasaran

Ada 3 metode dan cara pelaku bisnis membuat riset pemasaran, antara lain:

Kuisioner

Metode kuisioner dilakukan dengan cara memberi pertanyaan mengenai data yang diperlukan untuk jenis usaha yang dipilih. Syarat metode ini diantaranya siapkan calon responden yang berasal dari pelanggan potensial yang akan menjawab kuisoner. Yakinkan responden agar dapat diajak bekerjasama untuk mengisi jawaban dengan jujur dan benar. Bila perlu berikan bingkisan yang menarik.

Baca juga : Prinsip Ekonomi

Riset Grup

Metode riset grup dilakukan dengan cara membentuk kelompok orang dari populasi utama pasar potensial. Mereka bertugas menyampaikan apa saja yang dibutuhkan, merasakan produk atau jasa yang disiapkan dan mereka diberi peluang untuk memberi pendapat mengenai kekurangan produk.

Survey

Metode survei dilakukan dengan cara mengajukan pertanyaan sederhana tentang produk atau jasa yang akan diriset. Biasanya metode ini bersifat acak dan seringkali dengan sukarela, jadi usahakan pertanyaan yang diberikan tidak mengganggu.

Objek Riset Pemasaran

Berikut ini objek-objek riset pemasaran, antara lain:

Produk

Riset produk termasuk hal yang terpenting dalam pemasaran, apabila tak ada produk atau jasanya, lalu apa yang harus dipasarkan.

Harga

Riset harga dilakukan bertujuan untuk melihat kesesuaian antara harga dengan produknya.

Promosi

Tujuan dilakukan riset promosi ini yaitu untuk mengukur tingkat keberhasilan promosi terhadap pemasaran produk.

Distribusi

Tujuan dilakukan riset distribusi adalah untuk melihat apakah perjalanan distribusi berjalan dengan baik atau tidak.

Tahapan Riset Pemasaran

Berikut ini langkah-langkah atau proses riset pemasaran, diantaranya yaitu:

Baca Juga : Sumber Daya Ekonomi

  • Mengidentifikasi masalah
  • Merumuskan kerangka teori
  • Memformulasi desain riset
  • Melakukan kegiatan lapangan dan pengumpulan data
  • Lakukan persiapan dan analisis data
  • Membuat laporan dan presentasi hasil penelitian

Demikian artikel pembahasan tentang pengertian riset pemasaran menurut para ahli, tujuan, fungsi, manfaat, jenis, metode dan tahapan proses riset pemasaran secara lengkap. Semoga bermanfaat