Pengertian Perencanaan Pemasaran, Tujuan, Macam Jenis, Tipe dan Proses Perencanaan Pemasaran (Marketing Planning) Lengkap – Perencanaan pemasaran (marketing planning) adalah suatu bagian dari suatu desain untuk mencapai suatu tujuan. Tujuannya yaitu untuk menciptakan nilai bagi konsumen dalam kondisi tetap menguntungkan perusahaan, atau dalam konsep pemasaran saat ini, suatu hubungan yang saling menguntungkan.
Rencana pemasaran ini merangkum penilaian terhadap kebutuhan dan keinginan pasar, kekuatan dan kelemahan pada organisasi dan pada pesaing saat ini atau yang diperkirakan, dan desain yang dibuat untuk menciptakan nilai guna memuaskan keinginan dan kebutuhan konsumen dalam kondisi tetap untung. Rencana pemasaran berisikan rencana tindakan (siapa yang melakukan apa dan kapan) dan visi, tujuan strategis, tujuan, serta sasaran. Perencanaan pemasaran ini bisa diartikan sebagai penerapan sumber daya pemasaran untuk mencapai tujuan pemasaran.
Perencanaan pemasaran hanya sekedar urutan logis tindakan yang membawa pada penetapan tujuan pemasaran dan pemformulasian rencana untuk mencapainya. Perusahaan biasanya melakukan suatu proses menajemen dalam mengembangkan rencana pemasaran. Pada perusahaan kecil dan tidak terdiversifikasi, prosesnya sering disistemisasi. Proses ini konsepnya sederhana dan melibatkan tujuan apa yang akan dijual dan kepada siapa, memutuskan bagaimana tujuan bisa dicapai, dan penjadwalan serta penghitungan biaya tindakan yang diperlukan untuk menerapkannya.
Suatu perusahaan kesulitan mengembangkan rencana pemasaran disebabkan karena manajemen perusahaan tersebut tidak memiliki arahan bagaimana proses tersebut harus dikelola mulai dari tinjauan ulang, kemudian tujuan, strategi, program, anggaran, dan kembali lagi hingga suatu kompromi dapat dicapai di antara apa yang diinginkan dan apa yang diperkirakan, dengan memperhatikan hambatan-hambatan yang dimiliki masing-masing perusahaan. Selain itu, karena sistem perencanaan tersebut tidak lebih dari suatu pendekatan yang terstruktur terhadap proses yang baru dijelaskan.
Macam-Macam Perencanaan Pemasaran
Berikut ini macam-macam perencanaan pemasaran diantaranya yaitu:
Perencanaan pasar yang strategis
Perencanaan pasar yang strategis berkaitan dengan perencanaan arah usaha perusahaan itu akan dikembangkan. Dalam membuat perencanaan pasar yang strategis perlu mempertimbangkan hal-hal berikut, diantaranya seperti:
- Langganan yang akan dicapai dan di layani.
- Para pesaing yang harus dihadapi.
- Ciri-ciri pasar yang ada.
- Ciri-ciri perusahaan.
- Trend lingkungan (sosial, ekonomi, politik, teknologi dan lain sebagainya)
Perencanaan strategis perusahaan
Perencanaan strategis perusahaan adalah perencanaan jangka panjang yang bersifat menyeluruh. Dalam melakukan perencanaan strategis pemasaran perlu mempertimbangkan hal-hal berikut, diantaranya seperti:
- Analisis sumber daya, lingkungan dan strategi acuan produk.
- Analisis situasi.
- Penetapan strategi perusahaan.
- Perencanaan pemasaran yang strategis.
- Perencanaan pemasaran produk baru.
- Perencanaan pemasaran operasional.
Jenis-Jenis Perencanaan Pemasaran
Adapun jenis-jenis perencanaan pemasaran diantaranya yaitu:
- Perencanaan perusahaan.
- Perencanaan devisi.
- Perencanaan jajaran produk.
- Perencanaan merk produk.
Tipe-Tipe Perencanaan Pemasaran
Adapun tipe perencanaan pemasaran diantaranya yaitu:
- Perencanaan pemasaran keseluruhan, yaitu perencanaan yang mencakup ketentuan umum perusahaan yakni perencanaan jangka panjang dan pengembangan strategi pemasaran untuk mencapai suatu tujuan, yang memuat tentang kegiatan keseluruhan faktor intern dan faktor ekstern.
- Perencanaan pemasaran jangka panjang, yaitu perencanaan pemasaran dalam periode 3,5,10 sampai 25 tahun lamanya. Masalah yang dihadapi perusahaan dalam perencanaan jangka panjang ini sangat luas sekali, seperti perluasan pabrik, masalah pasar, promosi, pemasaran, harga, produksi, masalah distribusi dan lain sebagainya.
- Perencanaan pemasaran tahunan, yaitu pedoman utama perusahaan dengan cakupan kegiatan pemasaran untuk produk tertentu dalam satu tahun. Perencanaan pemasaran tahunan waktunya relatif sangat pendek yaitu satu tahun. Masalah perencanaan tahunan diantaranya kampanye periklanan, daerah operasi, pemasaran, pembelian barang dan lain sebagainya.
Proses Perencanaan Pemasaran
Dalam rangka maksimalisasi pemasaran produk, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan dalam proses perencanaan pemasaran, diantaranya yaitu:
- Analisa Hasil Prestasi Kegiatan Pemasaran. Perusahaan harus bisa memberikan suatu kesimpulan mengenai sebab naik atau turunnya hasil penjualan barang produksi.
- Analisis keunggulan, kelemahan, kesempatan, dan ancaman perusahaan. Perusahaan harus melakukan pengkajian atas keadaan lingkungan pemasaran, terutama perkembangan sosial, ekonomi, budaya, teknologi dan juga kebijakan pemerintah.
- Penyusunan Program Pemasaran. Dalam hal ini yang perlu disusun yaitu rincian yang berkaitan dengan waktu, tempat, oleh siapa program tersebut akan dilaksanakan. Dari program pemasaran ini, akan diketahui tahapan kegiatan pemasaran yang akan dilakukan untuk setiap produk pada wilayah pemasarannya.
- Penentuan Tujuan Pemasaran. Pada dasarnya setiap perusahaan selalu menetapkan tujuan yang ingin dicapai, tujuan yang sudah ditetapkan tersebut akan mempengaruhi penetapan strategi pemasaran yang akan dijalankan.
- Penerapan Strategi Pemasaran. Strategi pemasaran ditetapkan berdasarkan sasaran pasar (target market) dan tujuan perusahaan. Strategi pemasaran yang sudah ditetapkan perusahaan mencakup strategi produk, strategi harga, strategi promosi dan strategi distribusi.
- Penetapan Target Pemasaran. Untuk memudahkan perusahaan mendistribusikan hasil produksinya, perusahaan perlu menetapkan strategi target pemasaran. Target strategi pemasaran yang sudah ditetapkan perusahaan bisa dinyatakan dalam volume penjualan, maupun share pasar dan laba.
- Penyusunan Rencana Pemasaran. Rencana pemasaran yang disusun perusahaan akan menggambarkan adanya kegiatan di bidang pemasaran.
- Penyusunan Anggaran Pemasaran. Anggaran pemasaran yang disusun perusahaan harus di dasarkan pada program pemasaran. Dalam penyusunan anggaran pemasaran, selain harus memperhatikan produknya, juga harus memperhatikan waktu dan tempat pelaksanaannya karena anggaran akan kebutuhan selalu berbeda pada setiap waktu dan tempat pelaksanaan yang berbeda pula.
Demikian artikel pembahasan tentang”Pengertian Perencanaan Pemasaran, Tujuan, Macam Jenis, Tipe dan Proses Perencanaan Pemasaran (Marketing Planning) Lengkap“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya.