Pengertian Birokrasi, Ciri, Karakteristik, Jenis dan Peran Birokrasi Dalam Pemerintahan Lengkap – Secara etimologis, birokrasi berasal dari kata “Biro” yang berarti meja dan “Kratein” yang berarti pemerintahan. Jika digabungkan maka memiliki arti Meja Pemerintahan.
Meurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, secara etimologi birokrasi didefinisikan sebagai sistem pemerintahan yang dijalankan oleh pegawai pemerintah karena telah berpegang pada hierarki dan jenjang jabatan.
Menurut Wikipedia, Birokrasi berasal dari kata bureaucracy yang diartikan sebagai suatu organisasi yang memiliki rantai komando dengan bentuk piramida, di mana lebih banyak orang berada ditingkat bawah daripada tingkat atas, biasanya ditemui pada instansi yang sifatnya sipil maupun militer.
Menurut Michael G. Roskin, et al., Pengertian Birokrasi adalah setiap organisasi besar yang terdiri atas para pejabat yang diangkat, yang mana fungsi utamanya yaitu untuk melaksanakan atau mengimplementasikan (to implement) kebijakan-kebijakan yang telah diputuskan atau diambil oleh para pengambil keputusan (decision makers). Dengan kata lain, birokrasi adalah struktur yang terorganisir atau sistem rasional yang dirancang sedemikian rupa bentuknya agar memungkinkan terlaksananya kebijakan publik yang efektif dan efisien.
Birokrasi dilaksanakan oleh serangkaian prosedur atau aturan yang bersifat tetap. Adapun rantai komandonya berupa hirarki kewenangan yang mana berjalan atau mengalir dari atas ke bawah.
Birokrasi disebut juga sebagai badan yang menyelenggarakan pelayanan public (Civil Service). Birokrasi terdiri dari individu yang diangkat eksekutif dan posisi mereka selalu datang dan pergi. Artinya, individu tersebut duduk di dalam birokrasi karena dipertahankan berdasarkan prestasi kerjanya dan terkadang mereka dikeluarkan karena prestasi kerjanya dianggap kurang.
Ciri-Ciri Birokrasi
Menurut Max Weber, ciri-ciri birokrasi diantaranya yaitu:
- Jabatan administratif yang terorganisasi/tersusun secara hierarkis.
- Setiap jabatan memiliki wilayah kompetensinya sendiri.
- Pegawai negeri ditentukan, tidak dipilih, berdasarkan pada kualifikasi teknik yang ditunjukan dengan ijazah atau ujian.
- Pegawai negeri menerima gaji tetap sesuai dengan pangkat atau kedudukannya.
- Pekerjaan merupakan karier yang terbatas, atau pada pokoknya, pekerjaannya sebagai pegawai negeri.
- Para pejabat tidak memiliki kantor sendiri.
- Para pejabat sebagai subjek untuk mengontrol dan mendisiplinkan.
- Promosi didasarkan pada pertimbangan kemampuan yang melebihi rata-rata.
Karakteristik Birokrasi
Menurut Max Weber, karakteristik yang ideal dari birokrasi yaitu:
- Kerja yang ketat pada peraturan (rule)
- Tugas yang khusus(spesialisasi)
- Kaku dan sederhana(zakelijk)
- Penyelenggaraan yang resmi(formal)
- Pengaturan dari atas ke bawah(heirarchi)
- Berdasarkan logika(rational)
- Tersentralistis(otorithy)
- Taat dan patuh(obedience)
- Disiplin(dicipline)
- Terstruktur(sistematic)
- Tanpa pandang bulu(impersonal).
Jenis-Jenis Birokrasi Negara
Menurut ideal typhus Amerika Serikat dapat diketahui tipe-tipe birokrasi negara yang bisa dimanfaatkan sebagai pemisahan tipe birokrasi. Dengan mengetahui Ideal typhus ini bisa bandingkan dengan birokrasi yang ada di Indonesia. Di Amerika Serikat, terdapat 4 (empat) jenis birokrasi diantaranya yaitu:
Departemen-Departemen di Dalam Kabinet (The Cabinet Departments)
Dalam birokrasi terdiri atas beberapa lembaga birokrasi yang dibedakan berdasarkan tugasnya. Seperti departemen pertahanan, departemen pendidikan, departemen kesehatan dan departemen lain yang memiliki tugas untuk menjalankan kebijakan yang telah ditetapkan oleh lembaga eksekutif dan yudikatif.
Agen-Agen Federal (Federal Agencies)
Agen-agen federal merupakan kata lain dari kepanjangan tangan atau tangan kanan dari lembaga kepresidenan. Agen ini dibentuk didasarkan atas pilihan presiden yang tengah memerintah pada saat itu. Contohnya NASA dan FBI (Federal Bureau Investigation). Sedangkan di Indonesia contohnya seperti Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) dan Badan Tenaga Atom Nasional (Batan).
Perusahaan-Perusahaan Federal Milik Federal (Federal Corporation)
Jenis birokrasi ini merupakan birokrasi yang menggabungkan antara lembaga pemerintah sekaligus lembaga bisnis. Contoh di Indonesia adalah BUMN (Badan Usaha Milik Negara), Garuda Indonesia Airways (GIA), Perusahaan Jawatan Kereta Api (PJKA), Bank Mandiri dan Perusahaan Listrik Negara (PLN).
Agen-Agen Pengaturan Independen (Independent Regulatory Agencies).
Agen-agen pengaturan independen merupakan birokrasi yang didirikan untuk kebutuhan dalam penyelenggaraan regulasi ekonomi terhadap dunia bisnis. Contoh birokrasi ini di Indonesia yaitu Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN) , Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Komisi Pengawasan Persaingan Usaha (KPPU), Komisi Pemilihan Umum (KPU), Komisi Penyiaran Indonesia (KPI), dan lain sebagainya.
Peran Birokrasi dalam Pemerintahan Modern
Menurut Michael G. Roskin, et al., birokrasi memiliki peranan-peranan penting dalam suatu pemerintahan modern. Adapun peran birokrasi dalam pemerintahan modern diantaranya yaitu:
Administrasi
Peran administrasi pemerintahan modern meliputi kegiatan administrasi, pengaturan, pelayanan, perizinan, dan pengumpul informasi.
Pelayanan
Birokrasi ditujukan untuk melayani masyarakat atau kelompok-kelompok tertentu. Contoh di Indonesia yaitu Badan Metereologi dan Geofisika (BMG).
Pengaturan (Regulation)
Peran pengaturan dari birokrasi yaitu dirancang untuk memberikan kesejahteraan masyarakat.
Pengumpul Informasi (Information Gathering)
Badan birokrasi dijadikan ujung tombak pelaksanaan kebijaksanaan suatu negara untuk menyediakan data yang berhubungan dengan kebijaksanaan terhadap sejumlah pelanggaran atau keperluan dalam membuat kebijakan baru berdasarkan situasi faktual.
Menurut Andrew Heywood, peran birokrasi diantaranya yaitu:
- Pelaksanaan Administrasi
- Nasehat Kebijakan (Policy Advice)
- Artikulasi Kepentingan
- Stabilitas Politik
Demikian artikel pembahasan tentang “Pengertian Birokrasi, Ciri, Karakteristik, Jenis dan Peran Birokrasi Dalam Pemerintahan Lengkap“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya.