Pengertian Administrasi Bisnis atau Administrasi Niaga, Tujuan, Ciri dan Ruang Lingkup Administrasi Bisnis Menurut Para Ahli Lengkap – Administrasi bisnis adalah proses pengelolaan perusahaan atau organisasi nirlaba guna menjaga kestabilan dan pertumbuhan organisasi. Cakupan bidang utama administrasi bisnis meliputi operasi, logistik, pemasaran, sumber daya manusia, dan manajemen. Jabatan yang terkait dengan administrasi bisnis diantaranya staf pendukung bisnis, manajer kantor, hingga CEO.
Pengertian administrasi bisnis adalah ilmu sosial yang mempelajari tentang proses kerjasama antara dua orang atau lebih dalam upaya untuk mencapai tujuan tertentu. Dengan kata lain, administrasi bisnis adalah ilmu yang fokus pada perilaku manusia.
Ilmu administrasi bisnis memiliki objek, subjek, dan metode. Objek administrasi bisnis adalah manusia dan perilakunya, subjek yang dipelajari dalam administrai bisnis adalah bentuk, bagian, dan mekanisme kerja sama, sedangkan metode yaitu cara atau ide yang dikembangkan dalam upaya mencapai tujuan kerja sama yang dilakukan.
Tujuan administrasi bisnis/niaga adalah untuk membangun kerjasama yang saling menguntungkan antara dua orang atau lebih dengan memanfaatkan segala sumber daya yang ada.
Pengertian Administrasi Bisnis Menurut Para Ahli
Prof. Dr. Mr. S. Prajudi admosudidjo
Menurut Prof. Dr. Mr. S. Prajudi admosudidjo, Administrasi Bisnis adalah suatu organisasi niaga secara keseluruhan dan mengejar tercapainya tujuan-tujuan yang bersifat bisnis objektif, dan Administrasi Niaga tersebut dijalankan oleh setiap manager dalam suatu organisasi niaga.
Sukarno dan Ibrahim Lubis
Menurut Sukarno dan Ibrahim Lubis, Administrasi Bisnis/Niaga adalah kegiatan dibidang produksi, transportasi, asuransi perbankan, dan lain-lain, di bidang perusahaan swasta.
Sheldo dan Urwik
Menurut Sheldo dan Urwik, Administrasi Niaga adalah industri yang berkaitan dengan penetapan kebijakan perusahaan, koordinasi produksi, keuangan dan distribusi, penentuan arah organisasi dan kontrol tertinggi eksekutif.
Y. Wayong
Menurut Y. Wayong, Administrasi Bisnis adalah keseluruhan kegiatan mulai dari produksi barang dan jasa sampai tibanya barang dan jasa tersebut ditangan konsumen.
Ciri-Ciri Administrasi Bisnis
Secara umum, ciri-ciri administrasi bisnis diantaranya yaitu:
- Terdiri dari 2 orang atau lebih
- Terjadi kerjasama
- Adanya proses dan usaha
- Adanya bimbingan dan pengawasan
- Memiliki tujuan yang jelas
Ruang Lingkup Administrasi Bisnis/ Niaga
Menurut Prayudi Atmosudidjo, yang termasuk di dalam ruang lingkup administrasi bisnis diantaranya yaitu:
- Organisasi
- Manajemen
- Tata usaha
- Sejarah administrasi
- Ensiklopedia administrasi
- Filsafat administrasi
Menurut Drs. Soekarno, yang termasuk dalam ruang lingkup administrasi niaga diantaranya yaitu:
- Administrasi perusahaan
- Administrasi non perusahaan
Menurut The Liang Gie, yang termasuk dalam ruang lingkup administrasi niaga diantaranya yaitu:
- Administrasi penjualan
- Administrasi periklanan
- Administrasi kepasaran
- Administrasi keproduksian
- Administrasi perbankan
- Administrasi perhotelan
- Administrasi pengangkutan
Menurut Sondang P. Siagan, yang termasuk dalam ruang lingkup administrasi niaga diantaranya yaitu:
- Manajemen
- Manajemen produksi
- Industrial relation
- Bussines education
- Traffic management
Demikian artikel pembahasan tentang “Pengertian Administrasi Bisnis, Tujuan, Ciri dan Ruang Lingkup Administrasi Bisnis Menurut Para Ahli Lengkap“, semoga bermanfaat.