Pembahasan Terlengkap Tentang Pengertian Pasar, Ciri-Ciri, Fungsi dan Jenis-Jenis Pasar
Pasar merupakan sebuah tempat bertemunya penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi ekonomi seperti jual beli atau jasa. Pengertian pasar tidak merujuk pada sebuah lokasi atau tempat-tempat tertentu, karena pasar tidak memiliki batas geografis. Hal ini juga berkaitan dengan adanya sistem jaringan komunikasi modern yang meniadakan batasan-batasan geografis, sehingga kegiatan tersebut memungkinkan antara penjual dan pembeli dapat melakukan transaksi tanpa saling melihat wajah satu sama lain. Contohnya berbelanja secara online.
Pembahasan kali ini PelajaranSekolahOnline.Com akan membahas terkait dengan pengertian pasar, jenis, fungsi dan pengetahuan lainnya yang berkaitan dengan pasar.
Pengertian Pasar Menurut Ahli.
- William J.Stanton
William J.Stanton menyebutkan bahwa pasar merupakan sekumpulan orang yang memiliki keinginan untuk puas, uang yang digunakan untuk berbelanja, serta memiliki kemauan untuk membelanjakan uang tersebut. - Kotler dan Amstrong
Kotler dan Amstrong menyebutkan bahwa pasar merupakan seperangkat pembeli aktual dan juga potensial dari suatu produk atau jasa. Ukuran dari pasar itu sendiri tergantung dengan jumlah orang yang menunjukkan tentang kebutuhan, mempunyai kemampuan dalam bertransaksi. Banyak pemasar yang memandang bahwa penjual dan pembeli sebagai sebuah pasar, dimana penjual tersebut akan mengirimkan produk serta jasa yang mereka produksi dan juga guna menyampaikan atau mengkomunikasikan kepada pasar. Sebagai gantinya, mereka akan mendapatkan uang dan informasi dari pasar tersebut. - Kamus Besar Bahasa Indonesia
Menurut KBBI, pasar adalah tempat sekumpulan orang melakukan transaksi jual-beli. Merupakan sebuah tempat untuk jual beli yang diadakan oleh sebuah organisasi atau perkumpulan dan sebagainya dengan maksud untuk dapat mencari derma.
Dari pengertian diatas, maka dapat disimpulkan bahwa pasar merupakan tempat bertemunya penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi.
Ciri-Ciri Pasar
Dari penjelasan diatas, dapat kita simpulkan bahwa ciri-ciri pasar antara lain:
- Adanya penjual dan pembeli
- Adanya jasa atau barang yang akan diperjualbelikan
- Adanya permintaan serta tawar menawar
- Adanya interaksi antara penjual dan pembeli
- Terjadi kesepakatan antara penjual dan pembeli
Fungsi Pasar
Pasar memiliki fungsi yang sangat penting bagi roda perekonomian suatu negara. Berikut ini merupakan beberapa fungsi pasar.
- Fungsi pembentukan harga
Adalah pasar sebagai tempat dalam menentukan harga atua nilai suatu barang, hal tersebut dikarenakan pasar merupakan bertemunya penjual dan pembeli yang saling berinteraksi atau saling tawar menawar sehingga memunculkan suatu kesepakan harga. - Fungsi Distribusi
Adalah pasaran memudahakan produsen dalma mendistribusikan barang kepada konsumen secara langsung. - Fungsi promosi
yaitu pasar menjadi tempat yang paling cocok bagi produsen untuk memperkenalkan barang secara langsung dengan konsumennya.
Jenis-Jenis Pasar
Pasar dibedakan menjadi beberapa bentuk, antara lain:
- Pasar berdasarkan Sifat dan wktu terjadi
- Pasar harian : pasar yang dilaksanakan setiap hari. Contoh, pasar tanah abang
- Pasar mingguan : pasar yang hanya dilaksanakan satu minggu sekali. Contoh, pasar senin
- Pasar tahunan : Pasar yang hanya dilakukan satu kali dalam setahun. Contoh, Pasar Raya Jakarta (PRJ)
- Pasar Tempores : Pasar yang dilaksanakan pada waktu yang kapan-kapan bisa terjadi. contoh, bazar dan pasar murah
- Pasar berdasarkan wujudnya
- Pasar konkret (pasar nyata) : pasar tempat terjadinya hubungan secara langsung antara penjual barang dengan calon pembeli. Contohnya, pasar tradisional, mall dan swalayan.
- Pasar Abstrak (pasar tidak nyata) : pasar dimana antara pembeli dan penjual bertemu, tetapi barang yang diperjualbelikan tidak secara langsung, seperti pasar modal.
- Pasar berdasarkan luas jangkauannya
- Pasar lokal : pasar yang pelaksanaannya dalam bentuk lokal atau daerah tertentu.
- Pasar Output : pasar yang memperjualbelikan barang-barang hasil produksi dalam bentuk jadi.
- Pasar berdasarkan bentuknya
- Pasar persaingan sempurna (Perfect Competition Market) : Pasar yang antara penjual dan pembeli tidak dapat mempengaruhi harga, dengan kata lain harga di pasar benar-benar merupakan hasil kesepakatan dan interaksi antara penawaran mencerminkan keinginan produsen.
- Pasar persaingan tidak sempurna (Inperfect Competition Market) adalah pasar dimana terdapat satu atau beberapa penjual yang menguasai pasar. Pasar persaingan tidak sempurna terbagi atas 3 jenis antara lain pasar monopoli, oligopoli, monopolistis.
- Pasar monopoli adalah pasar yang bertindak sebagai penentu harga (price market).
- Pasar oligopoli adalah adalah suatu pasar dimana penawaran satu jenis barang dikuasai oleh beberapa perusahaan
- Pasar monopolistis adalah suatu bentuk pasar dimana terdapat banyak produsen yang menghasilkan barang dengan jenis yang berbeda.
Demikian penjelasan mengenaiPengertian Pasar, Ciri-Ciri, Fungsi dan Jenis-Jenis Pasar semoga bermanfaat bagi para pembaca. Sampai jumpa di postingan selanjutnya..