Mengetahui Pengertian Analisis Jabatan, Tujuan dan Manfaat Analisis Jabatan Menurut Ahli Terlengkap
Analisis jabatan memiliki peran yang penting dalam sebuah organisasi untuk menempatkan orang pada suatu jabatan atau posisi tertentu. Karena tanpa melakukan analisa dan pengetahuan yang memadai tentang apa yang dilakukan oleh para karyawan atas pekerjaannya, organisasi tidak akan dapat membentuk prosedur sumber daya manusia yang efektif untuk memilih, mempromosikan, melatih, menilai dan memberikan kompensasi kepada karyawan.
Untuk mengetahui tentang analisis jabatan, berikut ini merupakan pengertian dari Analisis jabatan lengkap dengan tujuan dan manfaatnya.
Pengertian Analisis Jabatan
Analisis jabatan merupakan suatu kegiatan pengumpulan, penilaian dan penyusunan berbagai informasi secara sistematis yang berkaitan dengan jabatan.
Menurut Flippo, Analisis jabatan merupakan proses mempelajari dan mengumpulkan informasi yang berhubungan dengan operasi dan tanggung jawab suatu pekerjaan tertentu.
Menurut Dessler, Analisis jabatan merupakan prosedur untuk menetapkan tugas dan tuntutan keterampilan dari suatu jabtan dan orang yang akan melaksanakan pekerjaan tersebut.
Menurut Mathis dan Jakson, ia mengartikan analsis jabatan sebagai A Systematic may to gather and analyze information about the content and the human requirements of jobs, and the context in which jobs are performed. (analisis jabatan merupakan cara sistematik untuk mengumpulkan dan menganalisis informasi tentang isi dan personal yang dipersyaratkan dalam jabatan, dan dalam hubungannya dengan prestasi jabatan).
Teknis dalam analisis jabatan merupakan sebuah proses dimana sejumlah pekerjaan dibai0bagi untuk dapat menentukan tugas dan memiliki tanggung jawab yang hubungannya dengan sebuah pekerjaan.
Tujuan Analisis Jabatan
Hasil dari analisis jabatan adalah deskripsi pekerjaan dan spesifikasi pekerjaan. selain itu analisis jabatan memiliki tujuan yang penting dalam perusahaan antara lain:
- Untuk menganalisa dalam merekrut karywan dan seleksi
- Untuk mengevaluasi kerja seperti menetapkan kompensasi yang adil
- Untuk menganalisa dalam desain pekerjaan
- Untuk menganalisa pekerjaan dalam kompensasi dan manfaat
- Untuk meninjau pentingnya analsis jabatan dalam hal penilaian kinerja
- Untuk penilaian kebutuhan pelatihan dan pengembangan
- Untuk meningkatkan produktivitas
- Untuk mematuhi hukum perburuhan
Manfaat Analisis Jabatan
Analisis jabatan memiliki banyak manfaat untuk memimpin suatu perusahaan atau organisasi, beberapa manfaat lainnya yaitu:
- Menetapkan dasar rasional pengupahan dan penggajian yang objektif
- Menghapuskan persyaratan-persyaratan kerja yang dapat menyebabkan diskriminasi
- Merencanakan kebutuhan-kebutuhan SDM diwaktu yang akan datang sebagai basis perencanaanya.
- Menentukan lamaran-lamaran dengan lowongan pekerjaan yang ada
- Menentukan dasar-dasr dan kebutuhan penyelenggaraan latihan baik utnuk karyawan baru maupun lama
- Menentukan pola atau pokok sistem pengembangan karis karyawan yang tapat dan menyeluruh
- Menentukan standar-standar prestasi kerja yang realistic
- Menempatkan karyawan pada posisi yang tepat berdasarkan keterampilannya.
- Penataan jabatan dan pengembangan organisasi
- Membantu memudahkan memahami tugas terutama bagi karyawan baru
- Memperbaiki aliran atau alur kerja
- Melancarkan hubungan kerjasama dan saling pengertian antar karyawan dan antar satuan organisasi.
Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang Pengertian Analisis Jabatan, Tujuan dan Manfaat Analisis Jabatan. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada postingan selanjutnya.